Saturday 23 January 2016

CARA SETTING KARBU SATRIA FU



Cara mudah menyetel karburator pada mesin satria fu standard dan yang sudah dimodifikasi ringan. siapkan waktu dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerja karbu. Saya ingin sedikit membantu dasar dan penyetelan karbu untuk memudahkan teman-teman dalam menemukan settingan yang pas, bisa diaplikasi untuk menyetel ulang karburator yang sudah terpasang disatria fu kesangan anda.

VENTURI KARBURATOR
Perhatikan bagian depan karbu/moncong, pada karbu tampak sebuah lubang besar dari bagian depan menuju kebagian belakang, ini dinamakan venturi. Udara akan masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Apabila kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru akan menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area  venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle/selongsong gas), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda didalam sistem karbu. Udara dan bahan-bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan keluarannya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam/idle ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip jarum dan nozzle karbur ketiga gas dibuka tutup mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %.  Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas diatas 60 %. Namun yang perlu diingat dalam menyetel karbur, semua bagian terhubung satu dengan lainnya sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti menjadi kunci dalam setting karbu.


SETTING KARBU
  1. Untuk bukaan selongsong gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan selongsong gas
    1. Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
    2. Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan ( 1 hingga 1,5 putaran dari posisi menutup penuh)
  2. Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan selongsong gas
    1. Setel posisi klip jarum skep (pada PE 28 Ori tdk tersedia).
    2. Ganti tipe jarum skep (abaikan jika menggunakan PE 28 Ori)
  3. Dari posisi sepertiga bukaan selongsong gas hingga bukaan penuh
    1. Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
    2. Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar (tdk tersedia pa PE 28 Ori).
  4. Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
    1. Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
    2. Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum

KEIHIN PE 28
CATATAN SETTING
  1. Dasar penyetelan sekrup campuran udara/angin di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka sedikit atau menutup sedikit direntang antara 1 s/d 1,5 putaran. Jika lebih dari 1,5 putaran tidak dapat terkoreksi, maka gantilah pilot jet nya 1 ukuran lebih kecil.
  2. Jika setelan terlalu basah antara bukaan selongsong gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
  3. Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
  • Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin kelebihan bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak hitam di busi.
  • Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang pas.
  • Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka setelan terbaik yang dibutuhkan mesin telah didapat
Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan selongsong gas separuh hingga selongsong gas penuh (full throtle). Lakukan penggantian PJ MJ satu-demi satu dengan cara bertahap dan cermati dengan baik perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.

Solusi keluhan yang muncul saat setting karbu.
Keluhan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat seperti kekurangan bahan bakar.
Berarti kondisi setelan : Campuran terlalu kering
Cara koreksi :
  • Putar setelan sekrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
  • Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
  • Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar. (Tdk berlaku pada PE 28 Ori)
Keluhan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
Berarti kondisi setelan : Terlalu basah
Cara koreksi :
  • Putar keluar skrup setelan udara ke arah membuka untuk memperbanyak campuran udara masuk
  • Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
  • Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk (Tdk berlaku pada PE 28 Ori)

Pada kondisi setelan : Kering, biasanya terdapat keluhan
1 : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
2: Ketika berakselari penuh motor tersendat-sendat
Cara koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet dengan ukuran yang lebih besar
Pada kondisi setelan : Basah biasanya terdapat keluhan
Keluhan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak, pada saat selongsong gas bukaan penuh, kecepatan bertambah sangat pelan, tenaga mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman.
Pada kondisi setelan : Terlalu Basah
Cara Koreksi :
  • Ganti ukuran main jet lebih kecil, cek kondisi kepala busi hingga warna berubah menjadi merah bata.
Semoga dapat membantu teman-teman dalam melakukan setting karbu di satria fu kesayangannya.