Monday 11 January 2016

Maksimalkan Karbu standar satria FU

Suzuki satria FU Standar dengan kapasitas mesin 150 cc ini hanya disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5  dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Ukuran pilot jet terlalu kecil untuk mesin 150 cc. Performa tarikan bawah lemah dan knalpot terkadang nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa bengkel FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5.  Pilihannya bisa pilot jet after market merek extreem, veezumi, TDR atau Daytona, original juga lebih bagus. Untuk pemakaian dalam kotasuhu mesin jadi lebih dingin , cukup pakai PJ ukuran 15 kepunyaan Yamaha Jupiter Lawas Standar. Kalau untuk pemakaian sehari-hari dengan jarak yang jauh dan berdomisili di daerah dengan cuaca yang panas idealnya pakai ukuran PJ 17,5 bawaan Suzuki Shogun lawas. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur kembali setelan udara. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran dari posisi tertutup. Lepas Filternya tapi jangan sama boxnya, Lubangi kertas filter dibeberapa bagian agar udara yang masuk lebih banyak.
 Pilot Jet dan Main Jet karbu standar FU seperti dalam gambar.






Ganti Karbu PE 28 pada satria FU sebaiknya PAIR ditutup.

Langkah-langkahnya :

  1. Sediakan sebuah obeng plus, lem Perkat (Lem Castol atau sejenisnya), tutup klep honda karisma atau suzuki shogun, kikir bulat dan sebuah kunci ring 10. 
  2. Bukalah PAIR Control Valve yang ada disebelah kanan atas mesin dengan cara mengendurkan dua buah mur dengan kunci ring 10.

  3. Setelah terbuka, di bawahnya akan terlihat sebuah karet hitam berbentuk kotak (PAIR Reed Valve). Angkat dengan hati-hati, kalo susah bisa dibantu dengan obeng min, sampai karet tersebut lepas dari head mesin.

  4. Setelah berhasil dilepas, amati bagian bawah dari kotak karet tersebut, akan menemukan satu lembar plat membran tipis dan satu lembar plat besi penahan membran ( berbentuk agak melengkung).

  5. Kendurkan dua buah sekrup kecil penahan kedua membran tersebut dengan obeng plus hingga terlepas.
  6. Pasang kembali ke posisi semula, namun dengan posisi plat besi yang melengkung dibuat terbalik. Lalu kencangkan sekrup, Jikalau terlihat atau diperkirakan masih ada celah pada membran, tambahkan lem perekat.

  7. Sekarang terlihat bahwa posisi plat yang melengkung akan menekan membran tipis sehingga tidak akan lagi bekerja mengalirkan udara.
  8. Tunggu hingga lem kering dan Pasang kembali kotak karet tersebut pada tempatnya seperti posisi semula. (langkah No. 3).
  9. Pasang kembali PAIR Control Valve, lalu pasang tutup klep karisma sebagai pengganti tutup PAIR bawaan FU lalu kencangkan mur, jangan lupa tutup klep diberi lem packing sebelum dipasang agar tidakada  kebocoran. (apabila lubang baut tutup klep tidak pas, sesuaikan dengan mengikir lubang baut pada tutup klep sedikit demi sedikit).
  10. Coba nyalakan mesin, biasanya RPM stasioner/langsam akan lebih rendah dari sebelum PAIR ditutup, Atur ulang setingan angin pada karburator. 
  11. Tapi ada juga cara ringkas jika tidak ingin repot, selang dipotong pendek dan langsung disumbat dengan baut seukuran diameter bagian dalam selang PAIR seperti pada gambar dibawah ini.