Monday 28 December 2015

KARBURATOR RACING ANDALAN

Perbedaan Karburator Racing dan Tips Memilih Karburator sesuai kebutuhan penggemar modifikasi motor.
1. Pertama kita akan membahas Karburator Sejuta Umat yaitu PE Series, disebut Sejuta Umat, Karena karburator ini termasuk paling ekonomis, mudah didapat dan mudah disetting.
Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38. Bagi penyuka kecepatan, cocok untuk harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 32mm dan Sangat cocok untuk yang menginginkan top speed dan turing dalkot maupun lukot bro.Ciri-cinya:
-skep dari ukuran 20-38 mm.
-setelan stationer kuning
-skep bulat berlapis krom
-tinggi pelampung karbu tidak bisa diubah
-performa tarikan atas bagus
-untuk venturi 28 mampu direamer hingga 32 mm
-setting PJ MJ nya mudah
-irit bahan bakar

 2. Yang kedua adalah karbu PJ series, karbu ini cukup terkenal dikalangan penggemar motor 2 tak karena karbu ini cukup memuaskan peformanya jika dipasang ke mesin two stroke ketimbang karbu PE. Karburator ini sudah terbukti kemampuannya karena skep model oval yang unik ini. Memiliki kemampuan untuk membuat mesin lebih responsif dari pada karburator dengan bentuk skep bulat. Keuntungannya adalah akselerasi lebih cepat dan peningkatan performa mesin.
PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk Drag Bike (2Tak) dan Motocross.
Ciri-cirinya:
-skep oval dan berlapis krom
-ukuran skep lebar menambah tenaga di Putaran bawah dan menengah.
-mudah disetting
-spare part pj mj mudah dicari.
-tersedia ukuran venturi 34 mm
-bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.


3. Diurutan ketiga ada Keihin PWK series. secara fisik karbu ini hampir mirip sama PJ series, terutama tutup skepnya yang bulat hitam itu. Namun  PWK ini punya skep berbentuk semi-flat alias berbentuk D. Karburator yang akan menghasilkan tenaga mesin yang mantap. Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41 pro series, tipe ini paling spesial lantaran untuk tarikan bawah dan atas setting karbu mudah didapat.
Ciri-cirinya:-performa bagus dari putaran bawah ke putaran atas
-walaupun sudah disetting irit ,karbu ini cukup boros, namun sesuai dengan performa mesin yang didapatkan.
-skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
-spare part mudah dicari
-cocok untuk Harian, Drag Bike, moto cross dan road race


4. Karbu FCR bentuk karbu beda dari pada karbu umumnya,  karena karbu ini sudah dapat dikategorikan karburator yang setingannya perlu keahlian khusus. Harganya pun juga tidak murah sekitar 6juta rupiah lebih, jadi ya reviewnya masih sedikit.
FCR Downdraf dan FCR vertical yang tersedia 28 , 33, 35
Karbu ini direkomendasikan untuk road race dan Drag Bike 4 stroke,
FCR Horisontal digunakan utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan untuk mesin tidur.


5. Karbu Mikuni TM ini juga mirip2 sama karbu PWK punya Keihin, Hanya karbu ini selain PJ MJ juga butuh setting nosel yang disesuaikan sama kebutuhan mesin dan karbu ini memiliki skep kotak. Tersedia dengan ukuran 24-39 (TM). Karakteristik karbu Mikuni TM. Karbu dengan skep kotak ini memberikan performa yang sangat bagus dibandingkan dan karbu dengan skep berbentuk bulat, ini dikarenakan udara yang masuk jadi lebih cepat.