Saturday 23 January 2016

CARA SETTING KARBU SATRIA FU



Cara mudah menyetel karburator pada mesin satria fu standard dan yang sudah dimodifikasi ringan. siapkan waktu dan tenaga untuk menyelaraskan semua kinerja karbu. Saya ingin sedikit membantu dasar dan penyetelan karbu untuk memudahkan teman-teman dalam menemukan settingan yang pas, bisa diaplikasi untuk menyetel ulang karburator yang sudah terpasang disatria fu kesangan anda.

VENTURI KARBURATOR
Perhatikan bagian depan karbu/moncong, pada karbu tampak sebuah lubang besar dari bagian depan menuju kebagian belakang, ini dinamakan venturi. Udara akan masuk ke dalam mesin melalui lubang ini (venturi). Apabila kecepatan udara memasuki karburator meningkat, tekanannya justru akan menurun, yang kemudian menimbulkan kevakuman di area  venturi. Kevakuman ini bergerak seiring bukaan skep (throttle/selongsong gas), dan menghisap bahan-bakar melalui jet yang berbeda-beda didalam sistem karbu. Udara dan bahan-bakar akan bercampur di area venturi. Dimana posisi jet ditempatkan dan keluarannya pada venturi menghasilkan kontrol terhadap respon bukaan gas. Sistem langsam/idle ( pilot jet, dan setelan skrup udara) mengontrol hingga bukaan skep 25 %. Jarum skep, posisi clip jarum dan nozzle karbur ketiga gas dibuka tutup mengontrol dari 15 % bukaan gas hingga 80 %.  Main jet mengontrol bukaan gas penuh atau berefek mulai dari bukaan gas diatas 60 %. Namun yang perlu diingat dalam menyetel karbur, semua bagian terhubung satu dengan lainnya sehingga penggantian sebuah part akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya. Bekerja hati-hati, dan teliti menjadi kunci dalam setting karbu.


SETTING KARBU
  1. Untuk bukaan selongsong gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan selongsong gas
    1. Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
    2. Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan ( 1 hingga 1,5 putaran dari posisi menutup penuh)
  2. Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan selongsong gas
    1. Setel posisi klip jarum skep (pada PE 28 Ori tdk tersedia).
    2. Ganti tipe jarum skep (abaikan jika menggunakan PE 28 Ori)
  3. Dari posisi sepertiga bukaan selongsong gas hingga bukaan penuh
    1. Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
    2. Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar (tdk tersedia pa PE 28 Ori).
  4. Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
    1. Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
    2. Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum

KEIHIN PE 28
CATATAN SETTING
  1. Dasar penyetelan sekrup campuran udara/angin di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka sedikit atau menutup sedikit direntang antara 1 s/d 1,5 putaran. Jika lebih dari 1,5 putaran tidak dapat terkoreksi, maka gantilah pilot jet nya 1 ukuran lebih kecil.
  2. Jika setelan terlalu basah antara bukaan selongsong gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
  3. Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
  • Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin kelebihan bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak hitam di busi.
  • Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang pas.
  • Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka setelan terbaik yang dibutuhkan mesin telah didapat
Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan selongsong gas separuh hingga selongsong gas penuh (full throtle). Lakukan penggantian PJ MJ satu-demi satu dengan cara bertahap dan cermati dengan baik perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.

Solusi keluhan yang muncul saat setting karbu.
Keluhan : Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat seperti kekurangan bahan bakar.
Berarti kondisi setelan : Campuran terlalu kering
Cara koreksi :
  • Putar setelan sekrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
  • Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
  • Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar. (Tdk berlaku pada PE 28 Ori)
Keluhan : Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot.
Berarti kondisi setelan : Terlalu basah
Cara koreksi :
  • Putar keluar skrup setelan udara ke arah membuka untuk memperbanyak campuran udara masuk
  • Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
  • Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk (Tdk berlaku pada PE 28 Ori)

Pada kondisi setelan : Kering, biasanya terdapat keluhan
1 : Ketika motor dijalankan akselerasi lemah
2: Ketika berakselari penuh motor tersendat-sendat
Cara koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet dengan ukuran yang lebih besar
Pada kondisi setelan : Basah biasanya terdapat keluhan
Keluhan : Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak, pada saat selongsong gas bukaan penuh, kecepatan bertambah sangat pelan, tenaga mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman.
Pada kondisi setelan : Terlalu Basah
Cara Koreksi :
  • Ganti ukuran main jet lebih kecil, cek kondisi kepala busi hingga warna berubah menjadi merah bata.
Semoga dapat membantu teman-teman dalam melakukan setting karbu di satria fu kesayangannya.

109 comments:

  1. Om mtr ane byson pake karbu pe28 ko setinganya ga dpt2 ...pj38 mj 110 ma 112 sya coba setinganya brrebet trus..bantu solusinya om trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brebetnya diputaran bawah apa atas mas, coba oj 49 mas. Buat nyari pj yg pas putaran anginnya dpt 1,5 putaran mas. Trus mj coba 115

      Delete
    2. Mj.nya kekecilan bos ,,pj juga kekecilan kyanya ,,punya sya fu pake pe 26 aja pakw pj 40 mj 115

      Delete
  2. Mas motor saya jupiter mx 2014,spek mesin blok vixion noke kwahara k1 dn pke knalpot racing dn cdi brt dn karbu pe 28 kode o4 merek goyo,karbu suka ngempos knpa yah,,skrng lg pke pj 35 mj 115,kemarin udh dapet sttingan busi berwarna coklat atau merah bata,,tpi sya putar lg dn mncoba ulang,ternyata gak ktmu lg settingannya,,mohon pencerhannya mas

    ReplyDelete
  3. Maaf mas Wawan numpng tnya,, fu sy pke pe 28, knlpot std lher racing, open fltr, pke mj 225 n pj 50, tarikan bwh ngok n tarikn ats brebet dlu, mhon pncrhnnya Mas, thanxz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mj kebesaran pj juga kebesaran menurut sya

      Delete
  4. Maaf mas Wawan numpng tnya,, fu sy pke pe 28, knlpot std lher racing, open fltr, pke mj 225 n pj 50, tarikan bwh ngok n tarikn ats brebet dlu, mhon pncrhnnya Mas, thanxz.

    ReplyDelete
  5. Pj 50 MJ 225 kebesaran bgt mas di fu. Coba PJ 40 atau 42 trus MJ 118 atau 120 merek extreem. Veezumi atau TDR

    ReplyDelete
  6. Maaf mas Wawan,satu Lgi, klo Fu msin std, krbu pe 28,open box flter, knlpot racing, pngapian racing, cocoknya pke PJ n MJ brp ya Mas??? Thanxz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nyari ukuran PJ yg pas mau mesin modif. Knalpot racing atau standard. Open filter atau pake box filter kuncinya cm dapat disetelan udara 1 sampai 1.5 putaran membuka. Kalo cara nyetel anhin karbu bs browsing mas. Tp bs dicoba pj 42 mj 120 atau 122

      Delete
  7. Maaf Mas Wawan mu tnya, Fu msin std, knlpot std lher racing 50mm, krbu PE28 pj40 Mj118, airscrew ktmu di stu ptrn, wrn busi tngh cklat,tp klo msin dngin ssh hdupny mas, gas msti dthn dlu di srbu Rpm, klo lgsung dnaikn ke2rbu rpm msin Ngok trus mti, msti dthn dlu d srbu rpm smpe msin pnas bru bsa nrmal, knp ya Mas?? Mhon pncrhan, thanxz Mas.

    ReplyDelete
  8. Kalo dari warna busi ajh audab pas mas pj mj nya, biar mudah hidupin PJ naik jd 42, tl apa busi msh merah bata gak ya? Kalo posisinya dijakarta coba cari pj 40 original keihin. Lubangnya lbh besar dari pj 40 merek subtitusi namun lbh kecil dari pj 42 merek subtitusi, jdnya busi ttp merah bata tp mesin mudah dibidupkan. Harga pj original keihin sekitar 85 rb, agak mahal mmg.

    ReplyDelete
  9. Ok Mas,, makasih bngt sarannya ya Mas, sy akn cba naikin pj ny Mas,, thanxz ya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas, nanti dikabarin hasil akhirnya ya mas, biar kalo ada masalah yg sama bs tau solusinya.

      Delete
    2. Mas maaf mu tnya nih,, klo Fu sudah rubah pick up/tonjlan pulser lbih mju dkit, mu pke cdi no limit dual Map, kira2 d rpm tingginya bhya ga ya Mas???? Thanxz Mas Wawan.

      Delete
    3. Mas maaf mu tnya nih,, klo Fu sudah rubah pick up/tonjlan pulser lbih mju dkit, mu pke cdi no limit dual Map, kira2 d rpm tingginya bhya ga ya Mas???? Thanxz Mas Wawan.

      Delete
    4. Mas maaf mu tnya nih,, klo Fu sudah rubah pick up/tonjlan pulser lbih mju dkit, mu pke cdi no limit dual Map, kira2 d rpm tingginya bhya ga ya Mas???? Thanxz Mas Wawan.

      Delete
    5. Harus pake Bahan Bakar oktan tinggi kalo pick up sudah dimajukan. harusnya gak perlu majukan pick up karena sudah ada CDI racing dipasaran, fungsinya sama dengan memajukan pick up.

      Delete
    6. Memajukan pick up itu cara jadul saat CDI racing belum tersedia dipasaran mas. Apalgi kalo pake CDI programable, sama cara kerjanya dengan memajukan pick up, bedanya kalo memajukan pick up harus merusak magnet atau posisi pulser. kalo menggunakan CDI programable bisa memaju mundurkan pengapian tanpa merubah posisi pick up dan pulser.

      Delete
  10. Salam kenal om mawan..mau tanya ne..saya punya klx bf..udah ganti knalpot pro circuit,CDI,gear udah ganti 13/53 dan karbu PE 28 Tapi masih brebet dan bensinnya sangat boros..gimana ya om mengatasi..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas, itu pj mj yg terpasang ukuran berapa mas. Dgn spek klxnya sepwrti itu coba pj 38, 40 dan 42 trus mj 115, 118 atau 120

      Delete
  11. Mas mau nanya nih rx King sy pake karbu pE 28 ideal mj sama pj nya ideal ikuran berapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mesin 2 tak butuh pj mj lebih besar dari mesin 4 tak dgn CC yg sama, kalo rx king pj mj sekitar 45 s/d 50 trus mj 140 s/d 150 dgn catatan bskurang dari itu atau lebih dari itu.

      Delete
  12. Mas mau nanya,saya pake satria fu dengan pj 15 dan mj 115. Pas nya brp putaran pada air screw nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gas ditahan mas trus tutup setelan udara dan buka kembali sambil gas ttp ditahan, pas putaran mesin meninggi/tertinggi itu setelan air screw yg pas

      Delete
  13. Mas motor saya ojmx udah boreup 60 mm, karbu pe,kanlpot racing, cocoknya pake pj/mj ukurqn berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bore up 60 jd berapa cc ya, coba pj 42 mj 120

      Delete
  14. assalamulaikum mas wawan,mau tanya nih,motor ku satria fu udah ganti karbu pe 28 merk TDR,pj 40 dan mj 115,posisi klip jarum nomer 3,pakai velocity stack,air screw 1 putaran lebih dikit,knalpot standar,cdi brt hyper,kenapa motor agak susah langsam ya ??? trus warna busi tengah nya agak coklat tapi pinggir nya hitam,mohon di bantu ini masih pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas mmg pake pe 28 agak susah dpt langsam kaya karbu standar mas, coba dikoreksi lewat setelan angin yg paling pas. harus coba2 mas baru dpt yg paling enak. kalo dari warna busi ukuran PJ MJ sudah pas sepertinya.

      Delete
  15. Mas wawan.. motor saya satria fu mas tpi knp klw tanjakan di blok kiri tepat di porsenelingnya ada yg tdk bres kayak ada suara sreet,,sreet gtu mas. Itu dia knp ya,mhon pncrahanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cek gir depan mas, sepertinya masalahnya ada disitu.

      Delete
  16. Salam kenal mas. Mas saya mau tanya. Fu saya standar karbu nya juga standar. Pj mj nya peke ukuran berapa y biar aga ringan dikit tarikan nya. Mohon bantuan nya mas. Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Kombinasi PJ/MJ 15/115, 17,5/115 atau 17,5
      /118 (kalau open Filter) Trus PAIRNYA dimatikan saja mas dengan cara menyumbat selang yg dari Cilynder Ke Box Filter.

      Delete
  17. Sperempat gas nya berebet mas tapi atasan nya enak mas. Mohon solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koreksi lg setelan angin karbu. Trus ukuran PJ cek lg coba dinaikan atau turun satu ukuran.

      Delete
  18. Mas mtr sya Satria f porting,cdi brt,pe28 pj/mj 38/120 kok bwah nya ngmpos ya,trus klo msin panas gk bisa langsam,itu gmna ya mas gobel,mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpot standar apa racing mas, kalo knalpot standar coba PJ ukuran 40, tp kalo knalpot racing coba PJ 42.

      Delete
  19. Mas, saya mau tanya, motor saya satria f th 2015 karbu, semua setting msih standar pabrik mas, saya mau ganti knalpot nobi neo ss, kira" apa aja ya mas yg harus diubah? Klo misal pakai settingan standar kira" apa masalahnya? Kan katanya nobi tu plug n play, jdi apa harus yg diubah mas settinganny?
    Mohon pencerahanny mas, msih newbie wkwkwk
    Mantap mass bloggnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti nalpot nobi lebih los dari knalpot standard, sebaiknya settingan karburator disesuaikan lagi, pilot jet sama mainjet ukurannya dinaikan mas satu atau dua ukuran. cuma sepertinya satu ukuran mas pake pj 15 dan mj 115. Tp kalo saya pribadi lebih suka ganti koil dulu dibanding knalptot. pake koil suzuki RM atau Yamaha YZ lebih berpengaruh ke tenaga dibanding ganti knalpot yg lainnya standard.

      Delete
  20. Mas mau nanya saya punya motor fu fl pake karbu pe 28 ukuran mj sama pj nya apa ya? Yg cocok

    ReplyDelete
  21. FU karbu kan mas, Kalo mesin standard dan knalpot standard pake PJ 38 atau 40 trus MJ 115 atau 118.

    ReplyDelete
  22. Mas mohonn bantuannya motor blitzr standar pake pe28 sama knalpot bobokan ukuran pj mjnya berapa,soalnya kalo udah rpm diatas ±6000 motornya ngookkkk

    ReplyDelete
  23. PJ MJ yang terpasang sekarang ukuran berapa mas, dengan CC 110 kemungkinan ukuran PJ MJ kecil, coba MJ ukuran 98 sampai 105

    ReplyDelete
  24. Misi mas numpang tanya, motor ane fu pake pe 28 pj 38 mj 120 ( bawaan repair kit karbu tiger ) jarum skep punya GLpro knalpot Racing, rpm rendah brebet kl di paksa di gas langsung kehilangan tenaga kayak mau mogok, saran ukuran pj mj nya mas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan ukuran PJ 38 setelan angin dapat berapa putaran mas, kalo kurang dari 1 putaran berarti PJ kekecilan mas, apalagi pake knalpot racing dan open filter. coba kombinasi ukuran PJ MJ 40-120 atau 42-120, bisa juga MJ nya coba pake ukuran 118, PJ coba 40 atau 42.

      Delete
  25. Oh iya 1 lagi mas, saat air screw di setting di rpm 10.000 leher knalpot jadi merah kayak terbakar. Ngeri lihatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya air srew disetting di 10.000 RPM gmana ya, coba googling cara setting setelan udara karbu yg benar mas. karena ukuran PJ yg pas itu setelan udara dapat 1 sampai 1,5 putaran.

      Delete
  26. Mas scorpio standar open filter knalpot racing karbu pe 28 kw pj mj nya brpa ya uda pake 120 45 brebet ditengah padahal bawah sama atas udah enak mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karbu PE 28 KW biasanya jarumnya ada setelannya kan mas, coba pindah2 posisi klip jarumnya mas.

      Delete
  27. Mas saya mau tanya nih motor saya satria Fu pakai karburator king,kenapa tarikannya brebet ya,apa ya solusinya mas wawan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake knalpot standar apa racing mas, trus open filter apa gak, PAIRnya sudah dimatikan apa belum, coba pake PJ MJ bawaan karbu king kalo gak salah PJ 22,5 MJ 150 (kalo pake knalpot standard).

      Delete
  28. Mas mau tanya, klo scorpio semua standar cuma knalpot free flow sama open filter, ukuran pj mj yg sesuai berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran PJ MJ naik satu ukuran mas dari standardnya karbu scorpio. MJ bisa sampai dua ukuran naiknya.

      Delete
  29. Salam mas wawan...

    Mohon pencerahan, motor sy rx king 2005 karbu sy uma pwk30, pj/mj 38/128 yg terpasang sekarang. Busi warna batu bata. OS.50, lubang2 pernapasan uda d gedein, pake magnit kimcil, cdi BRT busi tdr, knalpot tello. Yg sy mau tanya Apa uda cocok mas ukuran pj/mj mas????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari warna busi sudah pas mas kombinasi PJ MJ nya. Tapi kalo tarikan atas masih terasa kurang panjang, MJ bisa naik satu ukuran mas.

      Delete
  30. mas motor sya satria fu
    Karburator standar fu
    ketika disetel putaran angin kedengarannya datar datar aja tdk ada perubahan. ketika diganti pke karbu lain itu normal oiyya mas kira kira masalahnya apayah? mohon dibantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek karbu standarnya mas jangan ada yang bocor mas.

      Delete
  31. Mas mau tanya..
    Satria f udah porting .knalpot standart bobokan karbu standart. Pakai pj 17.5 mj 120. Di rpm tengah keatas kok lemot ya. air screw 2setengah putaran. mohon solusi nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba MJ turunkan mas pake ukuran 118, setelan angin dibuat 1,5 mas.

      Delete
  32. Mas thunder udah bore up piston 63,5
    Knalpot bobok
    Karbu pe26
    Mj 108 pj 40
    Busi hitam dikit coklat
    Putaran atas mesin enak
    Putaran bawah gas di lepas mesin mati
    Mj pj saranya mas biar bisa pas mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan angin karbu dapat berapa putaran mas, ukuran PJ yang pas setelan anginnya dapat 1,5 Putaran. Apabila kurang dari 1,5 putaran berarti PJ kekecilan, Kalo lebih dari 1,5 Putaran berarti PJ kebesaran ukurannya. Mesin mati setelah gas dilepas itu bisa terkoreksi kalo setelan angin dan ukuran PJ sudah Pas. Saran saya coba beberapa ukuran PJ mas. coba pake PJ 38 atau 42. Kalo MJ sepertinya sudah pas karena katanya putaran atas sudah enak.

      Delete
    2. Mas mau nanya nih motor ane satria fu.karbu rx king mas pj mj bawaan karbu mas.awalnya kalau dbawa jalan enak mas tp setelah stgh jam dbwa jalan putaran bwah nya ngempos mas klw di betot gas malah kyk mau mogok.karbu yg saya pakai rx king kw mas.

      Delete
    3. Coba cek lagi mas ukuran PJ dan MJ yg terpasang, biasanya kalo karbu KW kurang presisi ukuran PJ MJ nya, coba ganti pake PJ MJ yg ada ukurannya bs coba PJ 22,5 dan MJ 150 kalo knalpot standard. Tapi kalo pake knalpot racing dan open filter, PJ MJ dinaikan satu step ukurannya. Bertahap naiknya. Mulai dari ukuran PJ dulu.

      Delete
  33. mass fu ane msih std sma sperti karbunya, setingan karbu dengan open filter k&n yang pas pj dan mj nya brapa mas buat aselarasi mtor jdi ringan ? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba PJ 15 MJ 115 kalo knalpot standard, kalo racing Pake PJ 17,5 MJ bs 115 atau 118

      Delete
  34. Gan ane pke satria fu,pke pe28 pj mj 35 110.klo digas kok ngookk itu knpa yaa??
    Knalpot msih standar

    ReplyDelete
  35. Mas maaf mau tanya . D tracker cdi brt karbu pe 28 pj 40 mj 110 jarum pake bawaan pe 28 cuma copot busa tp selang masih nyambung ke filter ,setingan angin 2 putaran tp busi masih hitam . Mohon pencerahannya mas thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selang yg nyambung ke filter itu selang pernafasan oli atau apa mas? Kalo selang dari penekan emisi gas buang, brarti harus disumbat dulu mas, kalo gak susah ketemu setingan karbunya mas

      Delete
  36. Bang tolong pencerahan new Megapro monoshock tahun 2012 saya ini bang.. oversize 25, karbu pe28..tp untuk stelan karbu nya kagak ketemu2 yg pas di hati...plesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. New megapro itu berapa CC ya mas mesinnya, trus knalpot masih standar apa sudah racing mas, kalo masih standar semua coba PJ 38 MJ 110 atau 115. Kalo racing brarti naik satu ukuran dari itu, kadang bisa sampai dua ukuran lebih besar. liat setelan angin dapatnya berapa putaran mas.

      Delete
  37. Malam mas Wawan. Saya mau tanya.

    Motor saya spek 125cc kompresi 10,6:1. Mesin masih standar. Hanya ganti karbu pakai keihin PE26 karena karbu vakum keihin CVK 26 nya retak, dan pakai open filter racing k&n. Untuk PJMJ saat ini pakai 38/98, jarum skep GL100 sm kayak GL Pro Neotech di clip nomor 3 (tengah). Angin 1,5 putaran.

    Tapi permasalahannya:
    1. Ketika mesin dingin, Motor mudah di starter tanpa choke. Tapi di gas sedikit langsung mati.

    2. Tapi ketika sudah panas, motor sama mudah distarter tapi di gas dikit tidak mati hanya brebet seperti mau mati sebelum rpm naik.

    3. Setelan angin menurut sy langsam, tidak tau pastinya saya hanya mendengar dari rpm yang stabil saja. Saat setting awal angin, saya mentok putar searah jarum jam mesin tidak mati tapi rpm kecil seperti mau mati. Saya putar ke lawan arah jarum jam rpm mesin naik sedikit saat putaran 0,5. Kemudian saya putar 1 putaran rpm nya naik lagi. Kemudian saya putar lagi 1,5 putaran rpm tdk berubah sama seperti pada saat 1 putaran. Tetapi ketika lewat 1,5 putaran rpm agak turun sedikit, tidak banyak.

    4. Ketika di gas dari 1/4 sampai 3/4 mesin agak nahan sedikit kemudian rpm naik dan kecepatan bertambah. Tapi ketika di gas dari 1/4 sampai gaspoll mentok motor jd ngookk dan kalo gas ditahan mesin nya mati. Jadi untuk tambah kecepatan saya hanya bisa buka gas sampai 3/4 saja.

    Itu kenapa ya mas? Apa setelan spuyer PJMJ dan angin serta clip nya sudah pas? Kalo belum sebaiknya pakai ukuran berapa setelan spuyer,angin, dan clip nya? Mohon petunjuk mas. Terima kasih .

    ReplyDelete
  38. Knalpotnya pake standard apa racing mas? Coba setelan angin di 1 putaran saja, apa masalahnya teratasi atau tetap. Trus cek warna businya mas buat liat hasil pembakaran. Kalo RPM atas gimana mas, bermasalah apa gak? Coba juga kombinasi PJ 38 MJ 100 atau MJ nya tetap 98 tp PJ pake 40.

    ReplyDelete
  39. Mau tanya dong motor saya yamaha scorpio saya pake PE 28 OS.50 Paprasan noken as PJ 40 MJ 140 stylean Angin 1 1/2 kok pas dibawa ngebut ngebrebet"da meledak"mas,kira"apanya yah mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenalpot Ori bobokan mas,mohon jawabannya mas

      Delete
    2. Penekan emisi gas buang, jalur oli samping dibodi karbu apa sudah disumbat mas. kalo sudah PJ berarti naik 1 ukuran pake 42 mas

      Delete
    3. MJ sepertinya kegedean pake 140, cona 120 atau 122 mas, paling besar 125

      Delete
  40. Mari bergabung di WEDEQQ
    Terbaik, Teraman dan Terpercaya
    Player vs Player

    ReplyDelete
  41. Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
    Disini mudah menang lohh say....
    Tersedia 8 Games dalam 1 id
    Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
    Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
    Contact :
    BBM : D8B8BD43
    Line : wedeqq
    WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
    Tunggu apa lagi sayy
    Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE

    ReplyDelete
  42. Enter your comment...mas mtor sy megapro primus...kalau tanjakan sedikit sendat....waktu sendat keluar asap putih sedikit...dan posisi cok sekarang di tengah..kalau di tarik cuk kebawa...minyak nx banjir...itu penyebab nx apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo keluar asap putin, kemungkinan besar ada oli yang masuk ke ruang bakar mas. trus karbu banjir coba cek jarum pelampung karbu mungkin karetnya sudah aus mas. cara ngeceknya buka karbu trus ditiup dari tempat selang bensin masuk ke karbu, trus pelampung karbunya ditekan naik. kalo tetap bisa ketiup brarti jarum pelampungnya aus.

      Delete
  43. Saya pakai satria fu 2011 knp ya kalau di gas polpol trus diturunkan suka mati,brebet gtu,trus dikalau dihidupkan sulit,sampai pegl kaki saya nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba karbu dibesihkan, trus selang2 vakum dicek, atau saran saya matikan penekan emisi gas buang caranya disumbat selang besar yg dari cilynder head. atau googling mas caranya. PJ naik satu ukuran, pake 15

      Delete
  44. Mas numpang nanya satria fu karburator PE 28 . Jarum gl pro ,knalpot racing filter udara di lepas pj 42 MJ punya part kit gl pro.
    Masalah nya kalau di putaran atas brebet dkit cuman 120 itu pun jarak 500-+ dan saat gas di lepas mesin mati . Statar jln lgi . Mohon mas cerahhan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainjetnya ukuran berapa Mas, sepertinya mainjet kekecilan mas coba pake ukuran 120 s/d 130 mas

      Delete
  45. Mas wawan tanya
    Saya pakek pe 28
    Piston tiger 300mm
    Stang piston tiger
    Itu nanti yang cocok pakek main jet berapa dan pilot jet berapa
    Matur suwon

    ReplyDelete
  46. bossku mau nanya..kalau motor di buat perjalanan jauh ,terus tiba tiba kayak telat bahan bakar dan tiba tiba mesin lemah/mati ,,kemudian kalau di cuk,bisa nyala kembali.itu stelan yg perlu di setel lg yg mananya ya boss ku ??terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  47. Selamat sore mas wawan,
    Saya pengguna satria fu 2012,
    Ane pake PE28 KW
    Ukuran PJ 42 MJ 122
    Jarum skep pakai yang tumpul agak gendut
    Putaran angin 1 1/4
    Tarikan bawah ke tengah enak, tapi pas masuk Gigi 5 diatasnya tersendat sendat seperti kurang bahan bakar,

    Kira kira bagaimana cara mengatasinya
    Terimakasih om wawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi klip jarum di tengah atau, trus kalo sudah dicoba semua posisi klip jarum tapi masi begitu juga, berarti MJ dinaikan satu ukuran mas.

      Delete
  48. Selamat sore mas wawan,
    Saya pengguna satria fu 2012,
    Ane pake PE28 KW
    Ukuran PJ 42 MJ 122
    Jarum skep pakai yang tumpul agak gendut
    Putaran angin 1 1/4
    Tarikan bawah ke tengah enak, tapi pas masuk Gigi 5 diatasnya tersendat sendat seperti kurang bahan bakar,

    Kira kira bagaimana cara mengatasinya
    Terimakasih om wawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi klip jarum di tengah atau, trus kalo sudah dicoba semua posisi klip jarum tapi masi begitu juga, berarti MJ dinaikan satu ukuran mas.

      Delete
  49. Mas wawan mau tanya, FU saya pake karbu pe28, tanpa box filter knalpot racing, settingan yg cocok pake pj/mj berapa ya? motor saya kalo digas ngok kalau jalan apalagi ga mau lari harus diurut gas nya baru mau naik. Mohon pencerahannya mas, Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake PJ 40 sampai 45 trus MJ 120 sampai 125

      Delete
    2. setelan angin karbu satu sampai dengan satu setengah putaran, kalo lebih dari itu berarti ukuran PJ kebesaran. Cara setel angin karbu bisa digogling mas

      Delete
  50. Mas mau nanya . Fu standar leheran racing silincer standar . Pake karbu pe28 pj 45 mj 120
    Yg jadi pertanyaan baru digas bentar mau jalan langsung mati . Setelan angin 1.5 putaran . Posisi klip jarum ditengah
    Kira"masalah dari klip jarum ato dari pj . Soalnya naik turun pj dari 38-48 sama aja gitu penyakitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran PJ 45 kebesaran mas juika hanya leher knalpot yg racing, coba pake PJ 38 atau 40 trus MJ 115 atau 118

      Delete
  51. Fu standar ngmpos d rpm 2000-3000
    Ptran atas normal jaya.
    Knp itu ya??
    Aplg dbw plan2 ky gd tnga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukiran PJ mas sama setelan angin disesuaikan. Kalo PJ bawaan karbu standar, dinaikin ukurannya satu step mas, sambil disesuaikan setelan anginnya

      Delete
  52. selamat sore gan, ane mau nanya nih. motor ane knpa ya klo barusan masuk gigi 1/2 di gas kayak gk merespond gitu, meski pelan dulu udah itu baru mau kencang, ane psang knapot ressing,. trs lagi motor tdk bisa langsam gas nya. klo baru di hidupin agak susah. Mgkin ap krn ane psang knalpot ressing itu ya yg jd mslh? mohon pencerahan nya buat suhu2 semua. lam knl

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJ naik satu ukuran atau setelan angin karvu tidak tepat.

      Delete
  53. Nanya bang fu ane pake pe28 scarlet, pj 38 mj 115 klip di taro tengah, atas bawah enak tp ditengahnya kyk nyendat² gitu bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba klip jarum turun satu lagi dari posisi tengah mas.

      Delete
    2. Sep makasih bang, ternyata jarumnya skepnya bang yg sblmnya ujungnya gk lancip🙏

      Delete
  54. Salam kenal mas wawan ,mau nanya mas ,,karbu pe 26 pj 115 mj 40 satria fu ,,mesin porting dikit ,,stelan udaranya berapa putaran ya mas biar atas bawah ngisi

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum mas , mau nanya pe 26 ngok terus di rpm bawah kalo di gas spontan masalahnya apa ya mas pj/mj 35/115 jarum no 3 stelan angin 2 putaran, satria fu std smua 🙏 mohon bantuanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Open filter jga mas

      Delete
    2. Waalaikumsalam, apa warna busi sudah dicek mas, kalo warna busi hitam trus setelan angin sampai 2 putaran gitu PJ masih besar, PJ yg pas ukurannya setelan anginnya 1,5 putaran mas. sepertinya PJ masih kegedea, tapi pastikan lewat warna busi harus merah bata, sekedar gambaran kalo karbu 26 bawaan RX king, PJ 27,5 MJ 150 dengan knalpot standar.

      Delete