Sunday, 14 August 2016

KARBU KEIHIN PE 28, PWK28, Koso 28 SATRIA FU (Komen Penuh Gak Bisa Muncul atau Terbaca Ketika saya Jawab)

KARBU KEIHIN PE 28, PWK28, Koso 28  SATRIA FU
Biasanya pemilik SATRIA FU belum puas dengan tenaga mesin bawaan pabrik, sehingga tidak sedikit pemilik yang mengupgrade tenaga mesin motor yang cukup digemari berbagai kalangan, baik dari kalangan muda sampai kalangan tua namun berjiwa muda hehehe… Hal termudah dan biasa yang dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin FU kesayangan ada beberapa cara, salah satunya yang banyak dilakukan adalah mengaplikasi karbu dengan venturi yang lebih besar. (Catatan Kondisi mesin standar bawaan pabrik).
Keihin PE-28
Keihin PE28, Karbu ini adalah karbu bawaan Honda NSR 150 2 Tak. Motor keluaran honda yang banyak digemari anak muda pada tahun 90an, karbu ini bisa dibilang karbu sejuta umat karena banyak banget yang mengaplikasikan diberbagai jenis motor, baik untuk motor harian sampai pada motor yang dipergunakan untuk balapan resmi. Karbu ini juga sangat mudah didapatkan dipasaran hanya saja harus sangat hati – hati dalam membeli karena karbu ini banyak KW nya dari KW1, KW2 dstnya. Untuk mengetahui ciri2 keaslian karbu ini saat membeli bisa disearch lwt mbah google. Jeting  paling pas biasanya dapat di pilot jet 38 – 40 main jet 115-118. Motor akan jadi lebih responsif dan memang akan sedikit boros (tergantung cara bawa motor).





PE28, Power atas lebih mantap
Mulai dari putaran mesin rendah sampai atas sangat responsif. Kondisi angsam mungkin agak bermasalah terutama kalau mesin sudah dipakai lama. Bisa jadi karena setelan gas yang berwarna kuning mudah berubah. (agar tidak mentok rangka, setelan gas yang berwarna kuning dikecilin ukuran fisiknya).

Koso-28
Jeting yang pas biasanya dapatnya diangka Pilot Jet  PJ 35 dan Main Jet MJ 105. Posisi Klip jarum berada diposisi paling atas.
Koso28, Nafas mesin jadi panjang
Kondisi langsang jauh lebih baik dari PE 28 dan juga lebih irit bahan bakar.. Kelebihannya juga karbu KOSO 28 ini memiliki Power Jet, yang berfungsi menyemburkan bahan bakar pada RPM tinggi.
PWK-28 Japan (Karbu Bawaan Kawasaki KX85)
 
PWK28 Japan, Power Bawah jadi Liar.
Keihin PWK28 Japan punya kawasaki KX 85
Jeting yang paling pas dapat di Pilot Jet PJ 38 dan Main Jet MJ 115 dengan klip jarum diposisikan di no 2 dari atas. Sesuaikan angin Sesuaikan setelan angin dan untuk mengecek pas tidaknya setelan dapat dilihat pada warna busi merah bata. Performa putaran mesin bawah nendang banget. Bisa jadi karena karbu ini memang untuk karbu bawaan motor special engine kawasaki KX 85.

 PWK-28 Sudco
PWK-28 keluaran Sudco.
PWK28 Sudco, Jetting Sangat Mudah.
Jetting yang pas dapatnya di Pilot Jet PJ 40 - 42 Main Jet 118 – 120. Tenaga mesin dari bawah sampai atas sangat bagus, lebih responsif bahkan cenderung liar, dan menurut saya karbu ini yang paling pas diaplikasikan untuk SATRIA FU kesayangan Kita. Kekurangannya hanya pada harga yang memang agak mahal, namun peningkatan tenaga mesin yang dirasakan sesuai dengan harganya.
Catatan :
1.      Settingan ini diaplikasikan pada motor Satria FU dengan kondisi mesin standar.
2.      Untuk setelan angin bisa disesuaikan karena akan berbeda disetiap tempat karena perbedaan kondisi cuaca dan kelembaban udara. Tapi biasanya 1 – 1,5 putaran.
3.      Saringan udara bawaan FU (Box Filter) dilepas/tidak difungsikan.
4.      Setingan karbu diatas akan lebih sempurna apabila dikombinasikan denga penggantian Koil (yang paling bagus koil original kepunyaan yamaha YZ dan Suzuki RM) + CDI racing (bisa PREDATOR, BRT. REXTOR).

274 comments:

  1. mj kalau 110atau 115 ntar atasan dapet mas,tanya lagi mas karburator saya kenapa ya waktu air screw di puter berlawanan arah jarum jam mesin tidak meraung mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo setelan air screw diputer mesin gak meraung biasanya krn PJ kegedean, tp krn ini PJ 35, coba cek lagi jalur oli samping dibody karbu, selang vakum dll ciba di cek lg mas apa sdh benar2 ditutup.

      Delete
  2. mas tanya lagi semua yang di body karbu sudah saya tutup kok masih gk bisa meraung keras waktu di Peter berlawan arah jarum jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca disini mas mana aja yg ditutup ketika menggunakan karbu PE 28 disatria fu http://wawangobel.blogspot.co.id/2016/01/serba-serbi-karbu-pe28-dan-pwk28.html?m=1

      Delete
  3. udah tak sumbat semua kok masih ngak meraung mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu setelan udaranya ditutp gasnya ditahan mas di RPM 4000an, kalo mmg masih, coba cek karet intake jgn2 ada yg bocor mas.

      Delete
  4. Ok mas makasih udah bisa di seting

    ReplyDelete
  5. Mas saya pake karbu pe 28 di rx king kok gdk lari ya bng malah putaran bawah enk di gigi 1 gigi2 nya dan seterus nya sampai putaran atas hilang power napas pendek, soal pj mj di daerah saya di medan tidak ada yang paham pj mj malah dia nanyak balik apa itu pj mj, spek motor standar knalpot bobokan, mohon pencerahan nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalo dimedan bilangnya spuyer karbu mas, coba cari ditoko sparepart yg punya tim balap motor, biasanya mereka jualan PJ MJ alias spuyer karbu PE mas. Kalo untuk motor 2 tak PJ harus besar dianggka 50an keatas mas, begitu juga mj 130an keatas mas

      Delete
  6. Bro mau nanya

    Saya rencana mau pake karbu pwk 28 japan buat di tiger revo sudah OS 100

    Pertanyaanny PJ dan MJ nya pake ukuran berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya nyari PJ MJ lewat coba2 mas, tp di mesin tiger bs jd PJ 42 MJ 122 mas. Kalo pake knalpot racing bs naik dua step mas ukurannya.

      Delete
  7. mas tanya lagi knalpot keluar asap hitam tipis kalau lagi di bleyer rpm tinggi itu mjnya atau apanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori MJ kebesaran mas, dgn asumsi setelan udara dan PJ sudah pas.

      Delete
  8. mas kalo motor shogun di kasih karbu pe28 cocoknya pj mjnya uk brpaa.. tolong jawab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hrs dicari mas setingan pasnya, tp krn CC nya kecil pasti pake pj mj nya kecil, coba mulai dari pj 38 mj 100. Nanti dari situ baru ketahuan naik apa turun mas.

      Delete
  9. Mas wawan kalo buat harian pe atau pwk yg lebih enak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya pribadi ditanya, lebih cenderung milih Keihin PWK mas. Tp kalo buat harian doang cukup PE asal yg original mas.

      Delete
  10. Saya pake karbu pe 28 kw,jarum skep tidak ada stelannya,pj mj bawaan karbu,2 thn lalu beli harga 400rb diaplikasikan di mtr rx king,yang saya infin tanyakan kok stelan gas udh saya putae full mesin ga mau langsam,kalo mesin dingin bisa langsam enak,kao dah panas ga bisa lngsam dan mati.. Mohon bantuannya terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarum Sudah saya ganti dengan jarum punya gl lama,posisi klip di no 2 tapi tetap saja seperti itu,mohon bantuannya

      Delete
    2. Dicek dulu mas pJ mj yg terpasang ukuran berapa mas, kalo gak tau ukuran berapa gak bisa dijadikan patokan buat setting karbunya mas.

      Delete
    3. Cek juga jalur oli samping dibodi karbu, kalo difungsikan dicek apa ada bocor apa gak mas, kalo tdk difungsikan brarti hrs disumbat.

      Delete
    4. Jalur oli samping dipakai mas,apa masalahnya ya ko kalo mesin panas ga mau langsam dan harus tahan handle gassedngkan kalau mesin dingin langsam

      Delete
  11. Replies
    1. Untuk mesin 2tak, kekecilan mas pj 42 dan mj 118, biasanya pj 48 atau 50an keatas mas, trus mj 135 keatas kalo mesin 2 tak kayak rx king gt.

      Delete
    2. Iya itu bawaan karbunya langsung mas,jarum skep baiknya di nomor betapa mas? Dan pj mj berpengaruh pada langsamnya motor mas?

      Delete
    3. Yang jadi masalah pas mesin dingin langsam,nah pas udah panas gak mau langsam padahal putaran setelan gas udh full,saya pake pe 28 kw harga 400rb
      Mohon bantuannya mas wawan

      Delete
    4. Yaa pj kekecilan mas, cek lg setelan udara dpt berapa putaran dgn pj 42. Ukuran pj yg pas sesuai kebutuhan mesin dpt setelan udaranya 1 sampai 1,5 putaran membuka dari kondisi diyutup.

      Delete
    5. Oke mas saya coba,kalo klip bagusnya di posisi nomor berapa mas?
      Apa pakr bawaan karbu yg ga ada stelannya?

      Delete
  12. mas shogun kebo110 pake spyer gl100 pj 40 mj 98 kok masih brbet di rpm tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalo mesinnya masih standard, knalpot standard PE 28 agak kebesaran mas. Tp coba pj 38 mj 90 atau 95

      Delete
  13. Wahh mantap pake PWK 28 Sudco Mas, pd intinya semua karbu sama mas, utk mendapatkan ukuran PJ yg pas dari setelan angin karbu, PJ yg pas diputaran membuka 1 s/d 1,5 putaran. Dgn CC 225 dan knalpot bobokan coba mulai dari PJ 45 MJ 120 atau 122. Nanti setelah ifu baru ketahuan mau naik apa turun mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas makasih banyak sharing nya. oh ia mas kalo mj bawaan gede 135 . buat yang 120 ada ga ya. soalnya mj nya panjang beda sama pe yang pendek

      Delete
    2. oh ia mas mau nanya juga apa power jetnya berfungsi ga ya di motor tiger saya. kata temen sih kalo rpm 7000 baru nyemprot. tapi gtw nanti ngefek atau ga

      Delete
    3. Beli MJ yg sama mas panjangnya, ada koq merek etreem, TDR, Veezumi dll. Btw itu karbu PWK Keihin sudco atau apa mas, krn setau saya kalo keihin PWK sudo gak ada powerjetnya mas.

      Delete
  14. tapi kalo ciri ciri keihin pwk 28 sih sama penampakan nya. tapi ada power jetnya. nah biasanya karbu pwk 28 apa mas yang ada power jet nya soalnya dari temen ya g pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya karbu PWK itu hanya diproduksi oleh KEIHIN dan kalo ada embel2 sudco itu karbu KEIHIN yg diupgrade oleh SUDCo yg mmg khusus memodifikasi karbu. Kalo diluar merek keihin tp disebut PWK itu hanya krn modelnya mirip karbu KEIHIN PWK mas. Dan setau saya Keihin PWK 28 tdk ada power jet. Buat membedakan liat dibodi karbu pasti ada tulisan KEIHIN. Kalo gak ada brarti bukan KEIHIn PWK mas. Coba browsing perbedaan karbu keihin PE dan PWK biar lbh detail penjelasannya mas.

      Delete
    2. mas saya udah coba mj 122 pj 45, tarikan bawah masih susah lamsang sama brebed. tapi putaran atas udah enak. apa ya mas yang diturunin nya. biar lamsang sama putaran bawab enak

      Delete
    3. Cek setelan angin karbu mas dpt berapa putaran membuka biar tau berapa ukuran pj yg diminta mesin. Cara setting angin karbu coba browsing mas.

      Delete
    4. Enter your reply... putaran mas. busi masih oyem soalnya

      Delete
  15. Maaf mas bro ane mau tanya nih,tentang karbu pe 28 kenapa ya kalo putaran gas langsung di bejek satria fu ane ngempos

    ReplyDelete
  16. Ukuran PJ MJ yg terpasang berapa skarang mas? Trus fu nya pake knalpot racing atau bukan, open filter apa bukan mas?

    ReplyDelete
  17. Mau tanya fu ane std pake karbu pe 28 putaran bwahnya enak pas gasnya udh mentok kok mlh brebet yha mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  18. Mas skrg sya pake pj 50 mj 125, pas lgi jalan di rpm 5000 motor sering tersendat, trus langsam lama turun kyk gas nyantol. Angin buka 1 putaran lebih sdikit.
    jarum skep nmor 2 dri atas mas
    apanya ya mas?
    mhon pencerahan lgi mas
    Makasih mas wawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake knalpot std apa racing mas,.? Coba cek jgn2 ada yg bocor di karet intake atau jalir oli samping dibodi karbu bwl ditutup. Coz biasanya gas lama turun krn afa yg bocor.

      Delete
  19. tumpang tanya, motor saya mx135, cam racing, blok 62.75 mm cdi racing. karb pe 28 nak pakai pj & mj berapa ya ? dan satu lagi, pj & mj standard pe28 berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya nyari pj mj dimesin yg sudah dimkdifikasi harus berdasarkan coba2. Pj ygpas itusetelan udaranya didapat di1,5 putaran mebuka. Tpuntuk awalnya coba pj 42 dan j 120, nanti setelah itubs fau naik apa turun as

      Delete
  20. Permisi mas numpang tanya , maaf sebelumnya klo melenceng ..

    Ane pake pwk28 yg sudco di megapro primus2008 kok putaran dari tengah ke atasnya kurang ngisi yak ..?
    Padahal dari bawah ke tengahnya udah lumayan berisi ..
    Setelan yg enak pj/mj'nya berapa yak mas kira" ..?

    Posisi mesin standar semua , pj40 mj120 ..

    Makasih sebelumnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itupake knalpot racing atau standardya,trus pake boxfilter atau open filter mas, trus coba cek warna busi mas. Kalo pake knalpot standard coba j 118 mas, tpkalo knalpot racing coba j 122

      Delete
    2. Udaah open pilter mas , niat mau bobok knalpot ..
      Kira" recomendd ganti knalpot racing , ato bobok knlapot standarnya yak mas ..?
      Thanks ..

      Delete
  21. Numpang nanya mas wawan, saya aplikasikan pwk 28 sudco pada klx 150 standart, pj 38 mj 110 cdi brt, knalpot ahrs r4 ,penampakan busi hitam basah, kalo air scrow di buka 1-1,5 gas susah turun/bandang, kalau air scrow dibuka 1/4 gas enak turun/stabil tapi knalpot meledak ledak , untuk kedua kasus gas waktu di betot tiba2 kayak ada jeda/lemes, mohon pencerahanya mas wawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake knalpot racing coba pj 40 atau 42 trus mj 118 mas. Nanti barubstauau dinaikin lg apa turun masukurannya.

      Delete
  22. Mas motor ane mx 135 new pke pe28 pj mj masih bawaan karbu.a, putaran angin 1.5 kurang dikit, utuk tarikan bawah pas cuman tarikan atas ngempos, knalpot std kluar asap hitam tipis, filter masih dpasang
    kira" pj mj yg pas uk brpa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mj bawan berapa ukurannya? Kalo mx mj 108 sampe 115 bs dicoba

      Delete
  23. Mas ane pakai karbu pe 28 kw di satria fu mesin standart knalpot standart,open filter, pj38 mj118. Clip jarum posisi 3 dri bwah, stelan angin mentok ke kanan, kalo angin 1-2 ptrn dibuka di gas malah mati, apa pj kekecilan ? Dibwa jalan rpm 5000 brebet, mohon solusinya mas

    ReplyDelete
  24. Mas mw tnya ni klo mtor satria brebet d putaran 5000 ke bawah apa nya yaa & pake pj 40 mj 122 trus yg lain nya stndar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan angin di cek dan dikoreksi mas, 1,5 putaran yg pas

      Delete
  25. Mas mw tnya mtr saya ninja 2tak kenapa di rpm 5000 smp 7000 larinya rada ketahan yah dan rada lama naiknya?klo superkips uda open sih larinya oke bgt mas..sya pakai knalpot creampie mj150 pj48+ open busa box filter..kira2 yang pas untuk rpm tersebut apa yg perlu di rubah ...?tolong inspirasinya mas thx..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. open filter trus knalpot racing sepertinya kurang gede mas PJ 48 di ninja 2tak, coba PJ 50 an keatas mas.

      Delete
  26. Nanya dong mas wawan, pas beli pwk sudco 28 dapet pj sm mj nya ukuran brp ? Thanks udah mau bantu jawab.. sukses makmur mas wawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak salah pj 48 mj 135 bawaannya mas

      Delete
    2. Pwk sudco awalnya buat motor 2 tak jd pj gak mungkin pj hanya 38. Sekitar 45 atau 48 bawaannya mas

      Delete
  27. Maaf mas wawan mau tnya, fu pke pe 28 knlpot std pke lher racing open filter cocoknya pke pj n mj brp ya???

    ReplyDelete
  28. Maaf mas wawan , mau nanya , motor byson mesin standard , knalpot racing yoshimura , cdi brt dualband , filter keong koso , gear 15-44 , karbu pe 28 pj mj 38-110 , kendala tarikan terasa nahan dan tidak los , apa karena settingan pj mj yg kurang pas ya ? Warna busi hitam tapi tidak menyeluruh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba jgn pake filter keong koso mas. Trus setelan angin karbu dikoreksi lg mas.

      Delete
  29. Mas sya mau nanya karbu sya pe 28 piston bore up 61mm motor KLX knalpot racing cdi standar noken standar. Ukuran pj mj yang pas buat spek segituu brpaa yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mulai dari pj 42 mj 120 mas, tp bagusnya setting angin karbu dulu biar tau pj yg terpasang sekarang apa minta naik apa turun mas

      Delete
  30. mas wawan ikut nanya . pj mj pe28 saya pake 40/115 jarum skep pake gl . pake box filter tapi busa d copt knalpot racing motor klx . pertama di gas suka ada ngempos dulu sama ga bisa langsam . ini pj mj minta turun apa stelan angin blum pas ? sama yg saya blum paham setting putaran angin tuh kaya gmna 1 putarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://wawangobel.blogspot.co.id/2016/01/setting-karbu-pe-28-secara-mandri.html?m=1 ini link cara setel angin karbu. Bs jg browsing dulu cara nyetelnya. Setelah itu baru bs tau pj mj minta naik apa turun mas

      Delete
  31. Maaf Mas Wawan, nmpng tnya, Fu msin std, knlpot std lher racing 50mm, krbu PE28 open flter, pj40 mj118, airsrew ktmu di stu ptrn, wrn busi cklt, tpi klo msin dngin ssh hdupnya Mas,buka gas msti dthn dlu di, srbu rpm, klo, lgsung dnaikan ke 2rbu rpm, msin ngok trus mti, klo sdh hdup gas msti dthn dlu d srbu rpm smpe msin pns baru tarikan gas bsa nrml, knp ya Mas???Mhon pncrhannya Mas,, Thanxz Mas.

    ReplyDelete
  32. mas minta petunjuk,mega pro upgrade tiger.koil yz cdi predator 2 map.krbu pwk 28 kx pj 40/115 ada brebet di 3-4 pake 42/115 tambah parah,minta petunjuknya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dgn PJ 40 setelan angin dpt berapa putaran mas, utk nyari pj yg pas dptnya 1 s/d 1,5 putaran mas. Trus brebetnya di gigi 3 keatas berarti mjnya mas coba pake 120 mas

      Delete
  33. Mas wawan mohon pencerahannya, motor saya jupiter mx lama, mesin piston 63,5 mm stroke 64,7mm klep 21/23 cdi brt, knalpot fu bobokan, karbu pe28 lupa lagi pj mj nya tapi udah ganti pj nya. Jika di putaran sedang sedikit di bentak terasa sedikit tersendat, jika di bertahap tidak terasa tersendat sama sekali, ditunggu balesannya mas wawan, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj mj yg terpasang skrg ukuran berapa mas, coba pake 42 120 mas, nanti setelah itu baru tau mau naik atau tirun pj mj nya.

      Delete
  34. Mas mau tanya aq pke pwk sudco 28 di motor tirev.mesin dan knalpot standart.enakx pake pj mj brp yaa?aq coba 122 40 clip di jarum no 3 ada tembakan ketika lepas gas.mohon pencerahanx

    ReplyDelete
  35. Mas kalo SUNWORLD sama KOSO bagusan mana ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya bagus mas kalo mmg cuma itu pilihannya. Cm ada beberapa mekanik lbh senang sunworld

      Delete
  36. halo mas, mau tanya nih satria fu saya pake pe28 semua standar kecuali knalpot, leheran pake pipa racing silincer ori tapi bobokan, pake pj40, mj 118 klip jarum 2 dari bawah screw putaran 1-1,5 atas bawah enak ga brebet cuman kalo mesin lagi dingin kalo buka gas brebet terus mati, harus di panasin sekitar 5 menit di geber geber baru bisa di pake jalan, masalahnya gaenak sama tetangga, gimanaya mas solusinya mohon di bantu mas

    ReplyDelete
  37. maaf suhu,, bukan nya pwk Lebih boros dari pe yaa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jgn dipanggil suhu bro, saya cm tau sedikit2. PWK rentang ukuran PJ MJ yg digunakan bs lebih fleksibel dgn hasil pembakaran ttp pas, tinggal susuaikan kemauan pengendara mau nafas mesinnya panjang atau yg pendek2. Contohnya kalo PJ yg pas ukuran 42 tp krn motornya buat harian msh bs dipake PJ 38 agar irit namun pembakaran msh lumayan bagus. Begitu jg utk MJ. Kalo pake PE sepertinya sulit kayak gini, krn ketika ukuran diturunkan 2 step dari ukuran yg pas maka mesin bs tersedak, gak nyaman buat harian, kecuali pake ukuran yg pas namun resikonya agak boros bbm.

      Delete
  38. Mas kalo konsumsi bbm,antara pe dg pwk perbandinganya jauh tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat ngebut beda2 tipis borosnya, kalo buat harian lebih irit PWK, dgn catatan karbu PE dan PWK nya original.

      Delete
  39. mas mau tanya mesin tiger os 50, stroke naik 8 mm, knalpot racing.... karbu pe cocoknya pake mj dan pj berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna busi hitam, klo posisi santai motor brebet klo posisi ngebut angkatan pertama brebet

      Delete
    2. Pada dasarnya utk mencari UKURAN pJ MJ yg pas berdasarkan coba2 mas sambil dideteksi dari setelan angin karbj kalo utk PJ. Mesin tiger dgn spek segitu coba PJ mulai dari 45 mas trus mj 122 keatas. Setela. Udara jika PJ udah pas dptnya 1 s/d 1,5 putaran membuka dari kondidi ditutup

      Delete
  40. Mau tanya mas,
    Saya pake vespa excell, porting harian, knalpot racing. pakai karbu PE24, PJ 38, MJ 100. stelan angin 1,5putaran dari nutup. langsam oke, digeber oke, tapi pas dibawa kok kyk harus ngegas dalam terus ya biar narik.. trus rpm jg telat turunnya. trims jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur oli samping dibodi karbu sudah disumbat mas, kalo belum disumbat itu penyebab rpm lambat turun. Kalo udah disumbat coba cek manifold jgn2 ada yg bocor

      Delete
  41. Kalau satria fu cc naik 175,,klo pakai pwk venturi yg pas brapa & pj/mj dkisaran brpa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai 200 cc msh efisien menggunakan karbu 28, tp kalo pingin lbh besar gpp pake yg lbh besar satu step venturinya. Pj mj coba ukuran 42, 45 bs juga lbh besar silahkan divek lwt setelan angin karbu. Kalo mj coba 122 keatas mas. Mmg nyari ukuran pj mj yg pas hrs lwt coba2 mas.

      Delete
  42. Itu misalkan pakai venturi 32,,manipol hrus ganti,apa ttap msi bisa gunakan aslinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya harus ganti mas coz gak bs masuk krn manipol bawaannya untuk karbu 26, tp coba dulu siapa tau dipaksa masuk bisa masuk mas.

      Delete
  43. Mas..mau tnya..sya pke pwk merk panom di fu..sulit bgt mas nyetingnya..
    Apkah bsa pke pj mj ukran pwk kx yg ori?
    Trs jarum skep bawaan hlg..sya gnti pke jrum skep pnyaan gl nyutekk..sya pke 42 120..klip d tengah..sdh lmyan..ats bwh enk..tp tgh mlempem..tp krg rsponsif mas..klo klip nya d no2 dr bwh trlalu bsah..tp klo no 2 dri ats kring bgt mas..
    Slusi nya ap mas..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diklip nomor 2 dari atas trus mj naik satu ukuran.

      Delete
  44. om Wawan Mau Tanya, Motor saya Byson, Mesin Standart Porting polish, Cdi BRT, Kenalpot ori di Bobok, Karbu PWk 28 Sudco,intake pendek, filter jamur, Sekarang PJ 42, MJ 105, warna busi Sudah merah bata, hanya saja masih di rasa kurang responsive, dikarenan PJ MJ nya Pake Merk Moto 1, Ada rencana Mau Beli PJ MJ Ori Sudco juga, karena katanya ukuran PJ MJ sudco lebih beda dari moto 1, Kira2 yang pas Ukuran berapa ya OM ? sekalian mau tanya Per skep yang sama dengan pwk 28 ,punya apa ya ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan pj 42 setelan angin dpt berapa putaran mas, terus sudah dicoba gak pake filter jamur gak mas (saya pribadi lbh suka gak pake filter mas). Trus dgn pj mj ukuran segitu jafum skep dipksiaikan dinomor berapa mas dari atas? Mmg bgs nya pake pj mj ori sudco. Tp utk skrg coba dicek setelan angin dan posisi jarum skep serta lelas filter jamurnya. Semoga bs lbh responsif. Setelan angin 1 s/d 1,5 putaran.

      Delete
    2. 1,5 sebenarnya sudah dapat, tapi langsamnya di besarin, karena kalau kurang besar ketika di tarik mendadak dr rpm 0 berasa kosong om, harus di urut baru ngisi. untuk jarum skep lupa di stel no berapa. saya sudah coba open filter memang langsug berasa tarikannya om, hanya saja kenapa borosnya tidak wajar ya om, menurut saya . menurut om kalau saya mau ubah pj mj lagi yang pas berapa ukurannya ?

      Delete
    3. Coba PJ nakk satu ukhran lebih besar mas dari yg terpasang sekarang. Kalo digas mendadak trus kosong berarti PJ kekecilan. Kalo skrg pake 42 naik jd 45 mas. Krn sudah diporting polish sama knalpot bobokan jd mesin minta pj besar.

      Delete
    4. Terimaksih om wawan, semoga terus bisa membantu di dunia perkaburatoran hhe, sukses selalu om.

      Delete
  45. Mas q punya pe 28 tdr,,ada keluhan stasioner naik turun naik turun itu apanya ya,,udah q coba gonta ganti pj/mj tetap aja sperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mktornya apa mas, trus skarang pake pj mj ukuran berpa mas, knalpot standar apa racing mas?

      Delete
    2. Fu 175 cc,,45/122,,knalpot std bobokan,,apa hrus gnti repairkit lgi ya?

      Delete
    3. Sudah cek warna busi mas, kalo merah bata brarti udah pas, jalo naik turun RPM ketika stasioner harus diteliti satu psrsatu lg, saluran bensin dari tangki pake keran bensin manual apa vakum mas, trus selang PAIR dan selang vakum lainnya sudah disumbat/dimatikan apa belum mas, jalut oli samping dibodi karbu sudah ditutup belum, kalo semua sudah berarti coba nyari oinjaman karbu yg sama mas, disetting pake pj mj ukuran sama, trus dicoba apa stasionernya naik turun juga dgn karbu yg berbeda. Pada mesin yg sdh modifikasi mmg hafus dicari2 mas setingannya batu bs pas.

      Delete
    4. Uda semua mas,,cuma gak pakai keran bensin,,busi warna hitam kering,,pj/mj uda tak coba turunkan 1 step malah tarikanya kosong...cuma di skep karbu agak oblak dikit apa itu pngaruhnya mas?

      Delete
    5. Yg difurunkan 1 step pj atau mj mas, kalo dari masalah sejak awal justrh pj kemungkinan tetap atau naik, bukan gurun mas. Kalo turun jelas kosong. Bagusnya pake keran bensin manual, bisa juga kalo skep karbu oblak bikin stasioner naik turun mas. Balikin disetingan awal aja. Krn masalahnya bukan di PJ MJ, kalopun butuh dikoreksi hrsnya naik ukuran pj.

      Delete
  46. Fu kondisi mesin standart cocok ngga pake pwk kx ?

    ReplyDelete
  47. Broo wawann.sy mw tnya...mtor sy satria fu pipa knalpot besar slencer knalpot standard tp d belah/bobokan..klo pke krbu PE 28 d atas enk tarikan naik trunya gesit..tp star awal klo maw gas spontant /tarik gas stngah dgn cepat mtor ngok maw mati....tu knp y..sy pke mj 110 pj standard gl pro..mohon bntuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJ standard GL pro ukuran berapa ya, coba pake PJ 38 atau 40 mas, PJ yg tertera ukurannya biasanya lebih presisi dan memudahkan penyetelan karbu.

      Delete
  48. Mas mawan mau tanya.. motor sya karisma piston sma klep sonix.. noken custem .. pj mj yg pas brapa ya.. skrang pakai 35/120..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpot pake racing apa standard mas? Kalo mesin tidur PJ minta besar sekitar 45 s/d 60 trus mj 110 an sekitar itu. Pj yg pas setelan angin karbu 1 s/d 1,5 putaran dapatnya, trus warna busi merah bata.

      Delete
    2. Ok makasih mas... semakin ngerti tehnik dasar nya..

      Delete
  49. Mas wawan maaf mo tanya
    Motor saya cs1 os50 knpot ori bobok,,
    Mo pakek karbu pe 28
    Yg cocok pj mj ukuran brapa ea
    Klok pakean moto pakean motor apa
    Skalian kabel gas yg pnp di cs1 pakean motor apa?
    Trimakasih sebelomnya
    D tunggu jawabannya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cs1 itu berapa CC ya mesinnya, coba mulai dari pj 38 mj 110 mas. P mj kalo pake karbu pe 28 yg pj mj nya utk pe 28 mas, banyak ditoko variasi, pj mj ada merek extreem, veezume, TDR dll. Kalo untuk kabel gas bagus pake ori cs1 trus dimodifikasi, pentolan yg bawah dipotong trus buat pentolan baru yg lbh kecil ditukang las kuningan. Kalo yg ada dratnya disarung kabel gasnya, cm dipanasin pake korek gas udah bs dilepas kog itu.

      Delete
  50. Mas wawan mau tanya. Saya byson 2015 bore up tdr 66, noken 4 speed durasi kurang paham, open filter pakai pwk koso pj mj 38 120 motor kayak ngempos. Digentak ngok. Info pj mj yg pas mas. Makasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJ Kekecilan mas coba pake 40 atau 42 atau bisa juga setting angin karbu belum pas.

      Delete
    2. Siap dicoba mas. Makasi

      Delete
    3. Oh ia jarum skep no 2 dari atas mas. Pake gl pro punya. Gmn baiknya? Apa pakai asli koso?

      Delete
    4. Kalo punya dua2 jarumnya, di coba dua2 mas mana yg paling enak efek ke mesinnya. Biar settingan karbu jd bagus memang butuh coba2 mas.

      Delete
  51. mas wawan motor saya glpro noetech seker ov 100 inlet outlet porting knalpot mp primus standar
    pke pj mj 40 120 tengahnya brebet kadang kyak hilang tenaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarum skepnya ada setelan gak mas, setelan angin dapat berapa putaran, trus warna busi apa yaa. kalo tau lebih mudah mengatasi masalahnya. Kalau jarum skepnya punya setelan, coba diturunkan satu step klipnya, tapi kalo gak ada setelan coba kombinasi PJ MJ 42-120, 40-122 atau 42-122. PJ yg paling pas dapat setelan angin di 1 s/d 1,5 putaran.

      Delete
    2. jarum skep gak ad setelan mase.busi coklat .setelan angin 1,5
      klo pj 42 mj120 gas lama turunya.

      Delete
    3. Tengahnya brebet kayak hilang tenaga itu seperti kehabisan suplai bahan bakar atau kelebihan bahan bakar mas, kalo kelebihan bahan bakar suaranya ngoookk gitu, RPM lamabat naik. Buat mastiin coba kombinasi PJ 40 MJ 122 atau PJ 40 MJ 118 (Kalo tangahnya brebet krn kelebihan suplai BBM). Sambil di cek jangan ada karet intake manifold yg agak bocor mas.

      Delete
    4. i gigi 3 gas tanggung ndut"an.di tambah gas lagi enak klo di gigi 4 udah gas 3/4 trus jalan pelan" kyak hilang tenaga.kyak suplay bahan bkar kurang ya

      Delete
    5. Karena jarum skepnya gak bisa disetel, jadi mau gak mau ngatasi lewat ukuran PJ atau Mj yg dinaikan satu step. tinggal dicoba mana yg paling enak, naik PJ atau MJ yg naik ukuran mas. yg bermasalah di RPM saat jarum skep bekerja, tp karena jarum skep gak bisa disetel jadinya diatasi dengan menaikkan ukuran PJ atau MJ, pilih salah satu yg paling enak hasilnya, setelan angin disesuaikan lagi.

      Delete
  52. numpang tanya om saya pake pwk ktc 28 d aplikasi di motor ninja rr itu pake pj mj.a brpa.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya lebih bagus karbu bawaan ninja RR dibanding PWK KTC kalu menurut saya pribadi mas. tp kalo mmg mau dipaksakan dan sudah terlanjur beli, coba mulai dari ukuran PJ 50an ke atas trus MJ 140an Keatas.

      Delete
  53. Mas wawan , ane mau nanya dong ..
    Megi primus ane taun 2008 klo mao ganti cdi sogun kebo sama koil supra fit lama kira" buat harian enak + aman gak yak ..?

    Makasi mas sebelumnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo koil masih bisa mas, tapi kalo CDI jangan karena berisiko klep patah. Bisa seperti itu karena diameter magnet, panjang tonjolan dan posisi pulser berbeda dengan shogun kebo, dan itu terprogram didalam CDI mas.

      Delete
  54. Suhu maaf mau tanya,,,saya noob d bidang otomotif.
    Kalo ukuran pj ama mj karbu pe 28 kw1 brp yaa ?
    Kendalanya gini suhu ,,,saya baru2 pake ninja 150 r,,,menggunakan karbu tsb .
    Untuk kebut2an sampe gigi 5 aman2 aja enak,,,tp pas udh d top (gigi 6).
    Malah rpm ga mau naik,,,yg ada turun .
    Knp yaaa ?
    Apa saya pakenya msh bego ga tepat masuk transmisi nya ?
    Apa ada kendala dari settingan .
    Lainya lg saya pake gera sss belakang 38 depanya 13 .
    Mohon bimbingan nya suhu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya lebih bagus karbu bawaan ninja dibanding karbu PE KW kecuali PE 28 ori baru bagus untuk ninja. Tp kalo mau dipaksakan PJ MJ untuk Ninja sekitar 48 keatas untuk PJ dan MJ 150an keatas mas, harus coba berbagai ukuran tapi disekitar itu mas.

      Delete
  55. Mas mau nanya fu 2011 cuman maen tiger0 klepstd,porting,noken cam, pj/mj yg cocok buat pe untuk fu apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karbunya pake apa mas, kalo PE coba PJ MJ 42 122 mas

      Delete
  56. Mas pj mj yg cocok buat new megapro ukuran brapa ya
    Sekarang pakai 38 110 jarum skep pakai punya gl pro newtech. Yg asli patah
    Pas putaran atas kayak ketahan. Gas di lepas knalpot ada ledakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dinaikan mas MJ nya pake 115 atau 118 trus masalah ada ledakan pas gas dilepas coba stelan angin karbu dikoreksi lg, skalian dicek jangan2 ada kebocoran diintake manifold atau jalur penekan emisi biasanya ada di cilinder head, kalo ada bagusnya disumbat. (saya kurang tau kalu megapro ada penekan emisi gas buang).

      Delete
    2. Coba ukuran mainjet dinaikan mas pake 115, 118 atau 120. Trus coba cek karet intake jgn2 ada yg bocor mas, setelan angin karbu dikoreksi lg sampe dpt yg pas. Ukuran PJ yang pas, setelan anginnya dapat 1 s/d 1,5 putaran mas.

      Delete
  57. mas mau tanya, motor saya satria fu, saya pakai mj 120 dan pj 42, ketika rpm saya gantung, ko masih ada ngok nya ia, knalpot standar saya bobok. mohon pecerahan nya mas, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karbunya pake apa mas, kalo PE 28 dengan PJ 42 setelan angin karbu dapat berapa putaran mas, ukuran PJ yg pas setelan angin dapat 1 s/d 1,5 putaran membuka dari kondisi tertutup. trus untuk ngoknya coba ukuran MJ turun pake 118 mas.

      Delete
    2. Coba MJ diturunkan mas pake 118, atau coba juga kombinasi PJ 40 MJ 120.

      Delete
  58. Mas gobel mau tanya mongstor saya Satria fu pake pe28 pj/mj 38/120 kalo mesin dingin enak stasioner ny,tapi pas msin udah panas kok gk bsa stsionr ya mbrbet" hrus tahn gas biar gk mati.. it gmna y mas,cdi brt knlpot std.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kombinasi PJ 40 MJ 118 atau PJ 40 Mj tetap 120, pake karbu gede memang stasionernya gak bs lama mas, harus digas lg mas. Cek juga warna busi mas. jika putih kekeringan, brarti PJ harus naik pake 40.

      Delete
  59. Mas gobel mau tanya mongstor saya Satria fu pake pe28 pj/mj 38/120 kalo mesin dingin enak stasioner ny,tapi pas msin udah panas kok gk bsa stsionr ya mbrbet" hrus tahn gas biar gk mati.. it gmna y mas,cdi brt knlpot std.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpot pake standard apa racing mas, trus pake box filter atau gak mas. coba pj 40 mj 118 mas kalo pake knalpot standard.

      Delete
  60. permis mas mau numpang nannya, saya punya motor rx-king, karbu 32 Koso, tolong info setingan sepuyer untuk speek touring mas, irit tapi aman, saat ini untuk BBM 8,5 liter untuk jarak tempuh krg lebih 110,KM Thks mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran PJ yang pas setelan angin dapatnya 1 s/d 1,5 putaran membuka dari kondisi ditutup sambil gas ditahan di RPM 4000an Mas. jd nyari yg pas hrs berdasarkan coba2 mas. begitu juga dengan MJ mas. cuma yg pasti kalo mesin 2Tak butuh PJ MJ ukuran Besar, coba mulai dari kombinasi PJ MJ 50an dan 140an keatas mas. kalo keiritannya kita liahat hasilnya nanti mas. Kalo mau irit kan pake PJ MJ ukuran kecil, tp dengan PJ MJ ukuran kecil belum tentu sesuai permintaan mesin.

      Delete
  61. om perbedaan pj 35 ama 38 &mj 110 ama 115 dmana ya? ane liat kok sama aja ukurannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau lihat secara kasat mata gak bisa dibedakan mas. pasti beda ukuran besar lubangnya mas masing2 ukuran.

      Delete
  62. Mas wawan saya pakek karbu pwk28 uma racing sepedah standar satria ..knalpot racing LR ..yg saya tanyakan..brpa ukuran pj mj nya ..supaya pas dan irit..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mencari ukuran PJ yang pas dideteksi dari setelan angin karbu mas, kalo dapat setelannya 1 sampai 1,5 putaran berarti ukuran PJ sudah pas (gogling cara setel angin karbu). untuk MJ berdasarkan coba2, putaran mesin atas yang paling enak itu berarti ukuran MJ sudah pas. terakhir cek warna busi, jika warna merah bata berarti setelan karbu sudah pas.

      Delete
  63. Utuk karbu pwk 28 uma racing pj mj utuk satria f..brpa mas wawan...saya juga porting sama knalpot juga racing...gimana pebdapa agan..apakah bisa pas dan irit buat toureng

    ReplyDelete
  64. Mas wawan,saya punya rx king os 50 sudah porting harian,pj mj 45 120 kenalpot kolong tapi tenaga nahan dan naik rpm nya lambat,mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin 2Tak butuh PJ MJ besar mas, coba PJ 48 ke atas dan MJ 140 Ke atas mas

      Delete
  65. Gan untuk satria fu standard semua pj mj untuk karburator pwk main di angka berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJ 38, 40 atau 42 trus MJ 118, 120 atau 122 diantara itu mas ukurannya, harus berdasarkan coba2 mana yg paling pas.

      Delete
  66. Mas wawan minta bantuan nya scorpio masih standar semua ganti pe28 pj mj nya ganti ukuran brapa ya soalnya kalo pake mj pj bawaan brebet dari tengah sampe atas bantuan nya tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba PJ 38 atau 40 trus MJ 115, 118 atau 120 diantara itu mas, dan memang setting karbu harus berdasarkan coba2 untuk mendapatkan settingan yang pas, karena banyak faktor yang mempengaruhi settingan karbu bisa pas banget, salah satu kondisi kelembaban udara didaerah tempat tinggal masing2.

      Delete
  67. Misi mas numpang tanya, motor saya gl max pake head tiger, knalpot gl100 standar. Pake pe28 pj 40 mj 120, tarikan awal enak bgt ga nahan ga kepanjangan napasnya tp pas turun gigi atau gas di turunin ko tenaganya tiba2 ilang sbntr trs ada lg ya?saya ngeri di belakangnya kalo pas lg ngebut tiba2 tenaga ilang kan bahaya bgt dan yg pasti ga enak bgt pas putaran atas. Mohon informasinya ya mas, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PJ yang pas dideteksi dari setelan angin karbu mas, kalo dapatnya 1 s/d 1,5 putaran berarti ukuran PJ sudah pas sesuai permintaan mesin (cara settel angin karbu bisa digogling mas). Kalau untuk MJ berdasarkan coba2, mana putaran atas mesin yg paling enak, itu berarti MJ sudah pas. coba pake PJ 42 mas, sambil dicek jangan2 ada kebocoran dikaret intake karbu.

      Delete
  68. Mas..motor saya new jupiter mx 2014..sudah bore up vixion knalpot racing..per klep juga racing, noken as juga sudah racing..saat ini pake pe28 pj 38 mj 110..tapi klo nurinin gas pasti mati..sudah di setting langsamnya ttp mati klo gas di turunin..mohon solusinya mas..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naikin PJ pake 40 atau 42 trus MJ coba lebih besar lagi 115, 118 atau 120

      Delete
  69. Mas saya mau tanya. Motor saya suzuki spin udh boreup pke piston thunder os25 noken pke kawahara k1 knalpot racing. Saya pake karbu nsr pe26. Pj 35 mj 110 tpi kok mesin terasa panas bgt smpe ke karbunya trs pas power atasnya kurang ngisi mas kira2 pj mj yg pas ukuran brp ya? Open filter sama jarum skep klip ke 2 dari atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan angin karbu dapat berapa putaran, ukuran PJ yg pas setelan angin dapat 1 sampai 1,5 putaran mas. trus MJ coba naik lagi pake 115 atau 118.

      Delete
  70. maaf mas numpang tanya . klo pwk koso 28 cocok ngga mas buat fu bore up 66 harian . klo d bandingkan pe28 tdr gimana mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya bagus koso sama TDR cuma lebih maksimal pake PWK 28 original keihin atau dari pada koso sama TDR mending PWK UMA racing mas.

      Delete
  71. Rx king standar pake carbu kosso pe 28, baiknya pj dan mj nya ukuran brp? Mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari ukuran PJ berdasarkan setelan angin karbu, kalo dapatnya 1 sampai 1,5 putaran berart ukuran PJ sudah pas (coba gogling cara setel angin karbu). untuk MJ mesin 2Tak biasanya besar, diatas 140 ukuran MJ nya. harus dicoba satu2 ukurannya mas, krn banyak faktor yg mempengaruhi settingan karbu, salah satunya kelembababn udara didaerah masnya tinggal.

      Delete
  72. permisi mas wawan gobel
    saya mau tanya seputar settingan karbu pe28 di satria fu
    spek motor pe 28, knalpot racing R9, selain itu standar semua
    saat ini pakai pj 38, mj 115, jarum klip nomor 2 dari atas, tapi terasa sangat boros dan kalau langsung betot gas pasti karbunya ngok
    kira - kira solusi dan permasalahannya dmana ya???
    mohon minta jawabannya, trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake knalpot racing coba PJ 42 MJ 120 mas

      Delete
    2. Kalau untuk posisi clip jarumnya yg pas di posisi brp mas?
      Lebih baik open filter atau pasang filter?

      Delete
    3. Lebih bagus open filter mas, PE28 yg original gak ada setelan klip jarumnya mas. kalo ada coba di posisi tengah klipnya.

      Delete
  73. Mas wawan saya mau tanya. Karbu pe28 Untuk gl pro neothc mesin setandar kenalpot bobokan. Busi hitam pekat putaran atas brebet pj 115 mj 38 jarum sekep setandar pe. Solusi terbaik gimana mas wawan? 

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba koreksi lagi setelan angin karbu, trus MJ coba 110 atau 108

      Delete
    2. Sudah saya coba ganti pj pakai tiger masih tetep sama mas. Apa perlu mj yang di besarin lagi. Soalnya jika motor di geber secara mendadak kondisi berjalan melepek atau hilang beberapa saat.

      Delete
  74. Masalahnya busi hitam mas, busi hitam berarti PJ atau MJ kebesaran, setelan angin dapat berapa putaran mas (cara nyetel angin karbu bs googling mas) tapi coba pake PJ 40 atau 42 utk ngilangin gejala gak bisa digas mendadak. trus MJ coba naik pake 118 atau 120

    ReplyDelete
  75. Mas Wawan motor saya gl pro series blok pakek tiger over 100 head ttp glpro udah porting sma noken tiger cam trus klep pakek tiger saya pakek pernah 28 yg kode 115 PJ mj 45 120 di gas tengah2 pada gigi 4 sma 5 malah brebet klok d gas sekalian enak mas mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ukuran PJ diturunkan pake 40 atau 42 trus MJ 118 atau tetap 120. coba dulu kombinasi itu. Tapi kalo brebetnya seperti kekurangan bensin, berarti PJ naik pake 48

      Delete
  76. Klw new mega pro pkek ukran brp pj dan mj karbu pwl 28

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba PJ 38 sampai 42 trus MJ 115 sampai 120

      Delete
    2. Sy pkek 38 dan 122 mtor gk mw di gas kontan sprti hlng tnga
      Klw tk naikkan 40 dan 122 trikn ok tpi busi gsong boros

      Delete
    3. motornya udah diubah apa ja ya, knalpot pake racing apa gak mas. kalo racing coba pake PJ 40 atau 42 trus MJ 120 aja mas. warna busi yg pas settingan karbunya merah bata mas.

      Delete
    4. Pkek punya apa mas pj dan mj nya yg pas ke pwl 28.....
      Mtor dan knalpot standar
      Mnipol dgnti ndk mas

      Delete
  77. Mas wawan saya mau nanya. mtr saya klx pke karbu TK28,seher 63,nokenas k2 kawahara,knalpotracing,open box filter,cdi brt . Mau nyari pj sma mj yg pas paling ukuran brapa yah mas soalnya rpm bawahanya ada brebet klo dri rpm tengah ke atas mah lancar2 aja , ini ane pke 40/115 jarum clip no.3 . Minta pencerahanya mas makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karbu pake apa yaa, trus dengan PJ 40 setelan angin karbu dapat berapa putaran mas? Buat mencari ukuran PJ yang pas dari setelan angin karbu, kalo dapat 1 sampai 1,5 putaran membuka berarti ukuran PJ sudah pas. Kalo kurang dari itu coba PJ 42

      Delete
  78. Putaran atasnya loyo gmana mas, kelebihan bensin atau seperti kekurangan bensin, coba naikin ukuran MJ satu step atau turunkan satu step trus liat perubahannya seperti apa. yg pasti kalo masalah putaran atas, MJ yg dikoreksi

    ReplyDelete
  79. halo mas,motor q satria fu bore up 200cc,noken as tambah lifting,klep 22-25,porting,set kompresi 12:1,knalpot free flow,cdi brt dan final gear 13-42,masih karbu pe28 dg set pj 42 dan mj 120,permasalahan pada rpm tengah kadang brebet dan sering mati jika sudah jalan jauh,seperti nya karbu kurang mampu menyuplai bensin permintaan dari mesin,apa yg perlu di rubah/ganti ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah pertama cek warna busi hasil pembakaran mas, kalo warna busi putih berarti antara PJ atau MJ kekecilan mas ukurannya, PJ yg pas itu setelan angin karbu dapat 1 sampai 1,5 putaran (gogling cara setel angin karbu). Dengan spesifikasi motornya seperti itu kayaknya PJ MJ kekecilan mas, coba kombinasi PJ MJ 42-122, 42-125 atau 45-120, 45-122 atau 45-125. kalo belum dapat bisa dinaikan lagi mas pake PJ 48 dan seterusnya sampai warna busi hasil pembakaran berwarna merah bata.

      Delete
  80. Misi mas wawan , mau tanya..
    Saya pake karbu koso KCR 28 skep bulat pasang di megapro neotech sudah os 150 , peer klep sudah ganti recing , kenalpot free flow , pj 38 mj 110 jarum skep klip 2 dari bawah , untuk rpm tengah2 (contohnya lagi ngikutin mobil pas mau nyalip) motor brebet tersendat2 , tapi kalau di gas langsung ngacir itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
  81. Mas wawan numpang nnya.satria fu 2014 .gw rncananya mw pke pe28,knlpot racing bpro,lainnya stndrt.itu pasnya pake pj mj brpa ya mas?trus klo dtmbh lgi dgn cdi brt,sma keran bnsin manual,tabung hawa oli. pj mj nya brpa jga?mrek busi nya apa yg bgus?buat harian mas.kdg"blp smnggu skli sabtu sore .trmikasih

    ReplyDelete
  82. Mega pro itu 150 CC ya mas, coba cek dulu warna busi, kalo putih berarti kekeringan mas, yg pas itu warna busi merah bata, coba pake PJ 40 atau 42 trus MJ 115 atau 118, bisa juga dapatnya 120 karena mesin sudah diupgrade.

    ReplyDelete
  83. Motor aku njmx udah bore up 150 noken as hrp 330 pj mj.nya brp yg pas karbu pe 28..

    ReplyDelete
  84. Pwk koso 28 ada yang kw gak si?ciri nya apa mas yg ori

    ReplyDelete
  85. Lur mau tanya, Satria fu porting knalpot blarr, karbu pe28 pj/mj 40/118,putaran 1,5 lebih dikit bgt, rpm bwah ko ngempos dulu baru nganggat ats ny enak,itu ap ny lurr.. makasih,-

    ReplyDelete
  86. Lur mau tanya, Satria fu porting knalpot blarr, karbu pe28 pj/mj 40/118,putaran 1,5 lebih dikit bgt, rpm bwah ko ngempos dulu baru nganggat ats ny enak,itu ap ny lurr.. makasih,-

    ReplyDelete