KARBU KEIHIN PE 28, PWK28, Koso 28 SATRIA FU
Biasanya pemilik SATRIA FU belum
puas dengan tenaga mesin bawaan pabrik, sehingga tidak sedikit pemilik yang
mengupgrade tenaga mesin motor yang cukup digemari berbagai kalangan, baik dari
kalangan muda sampai kalangan tua namun berjiwa muda hehehe… Hal termudah dan
biasa yang dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin FU kesayangan ada beberapa
cara, salah satunya yang banyak dilakukan adalah mengaplikasi karbu dengan
venturi yang lebih besar. (Catatan Kondisi mesin standar bawaan pabrik).
Keihin PE-28
Keihin PE28, Karbu ini adalah karbu
bawaan Honda NSR 150 2 Tak. Motor keluaran honda yang banyak digemari anak muda
pada tahun 90an, karbu ini bisa dibilang karbu sejuta umat karena banyak banget
yang mengaplikasikan diberbagai jenis motor, baik untuk motor harian sampai
pada motor yang dipergunakan untuk balapan resmi. Karbu ini juga sangat mudah didapatkan
dipasaran hanya saja harus sangat hati – hati dalam membeli karena karbu ini
banyak KW nya dari KW1, KW2 dstnya. Untuk mengetahui ciri2 keaslian karbu ini
saat membeli bisa disearch lwt mbah google. Jeting paling pas biasanya dapat di pilot jet 38 – 40
main jet 115-118. Motor akan jadi lebih responsif dan memang akan sedikit boros
(tergantung cara bawa motor).
PE28, Power atas lebih mantap
Mulai dari putaran mesin
rendah sampai atas sangat responsif. Kondisi angsam mungkin agak
bermasalah terutama kalau mesin sudah dipakai lama. Bisa jadi karena setelan
gas yang berwarna kuning mudah berubah. (agar tidak mentok rangka, setelan gas
yang berwarna kuning dikecilin ukuran fisiknya).
Koso-28
Jeting yang pas biasanya dapatnya
diangka Pilot Jet PJ 35 dan Main Jet MJ
105. Posisi Klip jarum berada diposisi paling atas.
Koso28, Nafas mesin jadi panjang
Kondisi langsang jauh lebih baik
dari PE 28 dan juga lebih irit bahan bakar.. Kelebihannya juga karbu KOSO 28
ini memiliki Power Jet, yang berfungsi menyemburkan bahan bakar pada RPM
tinggi.
PWK28 Japan, Power Bawah jadi Liar.
Keihin PWK28 Japan punya kawasaki KX
85
Jeting yang paling pas dapat di Pilot
Jet PJ 38 dan Main Jet MJ 115 dengan klip jarum diposisikan di no 2 dari
atas. Sesuaikan angin Sesuaikan setelan angin dan untuk mengecek pas tidaknya
setelan dapat dilihat pada warna busi merah bata. Performa putaran mesin bawah
nendang banget. Bisa jadi karena karbu ini memang untuk karbu bawaan motor
special engine kawasaki KX 85.
PWK-28 Sudco
PWK-28 Sudco
PWK-28 keluaran Sudco.
PWK28 Sudco, Jetting Sangat Mudah.
Jetting yang pas dapatnya di Pilot
Jet PJ 40 - 42 Main Jet 118 – 120. Tenaga mesin dari bawah sampai atas sangat
bagus, lebih responsif bahkan cenderung liar, dan menurut saya karbu ini yang
paling pas diaplikasikan untuk SATRIA FU kesayangan Kita. Kekurangannya hanya
pada harga yang memang agak mahal, namun peningkatan tenaga mesin yang
dirasakan sesuai dengan harganya.
Catatan :
1.
Settingan ini diaplikasikan pada
motor Satria FU dengan kondisi mesin standar.
2.
Untuk setelan angin bisa disesuaikan
karena akan berbeda disetiap tempat karena perbedaan kondisi cuaca dan
kelembaban udara. Tapi biasanya 1 – 1,5 putaran.
3.
Saringan udara bawaan FU (Box
Filter) dilepas/tidak difungsikan.
4.
Setingan karbu diatas akan lebih
sempurna apabila dikombinasikan denga penggantian Koil (yang paling bagus koil
original kepunyaan yamaha YZ dan Suzuki RM) + CDI racing (bisa PREDATOR, BRT.
REXTOR).