Monday, 11 January 2016

Ganti Karbu PE 28 pada satria FU sebaiknya PAIR ditutup.

Langkah-langkahnya :

  1. Sediakan sebuah obeng plus, lem Perkat (Lem Castol atau sejenisnya), tutup klep honda karisma atau suzuki shogun, kikir bulat dan sebuah kunci ring 10. 
  2. Bukalah PAIR Control Valve yang ada disebelah kanan atas mesin dengan cara mengendurkan dua buah mur dengan kunci ring 10.

  3. Setelah terbuka, di bawahnya akan terlihat sebuah karet hitam berbentuk kotak (PAIR Reed Valve). Angkat dengan hati-hati, kalo susah bisa dibantu dengan obeng min, sampai karet tersebut lepas dari head mesin.

  4. Setelah berhasil dilepas, amati bagian bawah dari kotak karet tersebut, akan menemukan satu lembar plat membran tipis dan satu lembar plat besi penahan membran ( berbentuk agak melengkung).

  5. Kendurkan dua buah sekrup kecil penahan kedua membran tersebut dengan obeng plus hingga terlepas.
  6. Pasang kembali ke posisi semula, namun dengan posisi plat besi yang melengkung dibuat terbalik. Lalu kencangkan sekrup, Jikalau terlihat atau diperkirakan masih ada celah pada membran, tambahkan lem perekat.

  7. Sekarang terlihat bahwa posisi plat yang melengkung akan menekan membran tipis sehingga tidak akan lagi bekerja mengalirkan udara.
  8. Tunggu hingga lem kering dan Pasang kembali kotak karet tersebut pada tempatnya seperti posisi semula. (langkah No. 3).
  9. Pasang kembali PAIR Control Valve, lalu pasang tutup klep karisma sebagai pengganti tutup PAIR bawaan FU lalu kencangkan mur, jangan lupa tutup klep diberi lem packing sebelum dipasang agar tidakada  kebocoran. (apabila lubang baut tutup klep tidak pas, sesuaikan dengan mengikir lubang baut pada tutup klep sedikit demi sedikit).
  10. Coba nyalakan mesin, biasanya RPM stasioner/langsam akan lebih rendah dari sebelum PAIR ditutup, Atur ulang setingan angin pada karburator. 
  11. Tapi ada juga cara ringkas jika tidak ingin repot, selang dipotong pendek dan langsung disumbat dengan baut seukuran diameter bagian dalam selang PAIR seperti pada gambar dibawah ini.

13 comments:

  1. Mas wawan mau tanya ini motor saya fu standar pake pwk 28 koso powerjet pj/mj tak kasih 35/105 jarum skep tak kasih di paling atas dan tenaganya kurang nendang dan mesin jd panas banget pas di coba mohon bantuannya mas trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba Jarum skep di tengah mas, trus stelan angin dengan PJ ukuran 35 dapat berapa putaran mas?

      Delete
  2. mas wawan..saya make keihin 28 kw..mj nya saya rubah 115 pj nya 38..kalau untuk bawa santai suaranya nyendat²/brebet gitu..tapi kalau bawa kencang di rpm sekitar 5000 keatas agak brebet juga..apa lagi yg harus di stell tuh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpot masih standar apa sudah racing mas, kalo masih standar coba PJ 40 MJ 118

      Delete
  3. Mas saya pakai fu spec tiga pilar lainnya std, pe28 normal sementara pke pj40 mj 115, nahh tensionerny mas g stabil kendala cmn itu ,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tensioner coba gogling mas sepertinya ada yang jual tensioner FU tapi pernya sudah dimodifikasi agak keras. Jadikendala tensioner tidak stabil sperti yang dikeluhkan bisa teratasi mas.

      Delete
  4. Mas, fu stdr pake enek pake pe26/28 ya? Tks...

    ReplyDelete
  5. Mas, fu stdr pake enek pake pe26/28 ya? Tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang karbunya asli, dua2nya bagus mas

      Delete
  6. Mas tadi sya ganti karbu pe 2recing mikuni..ga d rubah pj sma mj.msh bwaannya .tp kenapa mas kl gas setngah enak tp pas gas d tarikn lg malah berebet ..smua msh orsinil cmn gnti karbu jh..tu kndalanya apa mas

    ReplyDelete